Rabu, 25 November 2009

judul.

Saya memiliki kelemahan dalam memberi judul. Rasanya susah sekali untuk menemukan judul yang tepat dan menarik serta mewakili isi dengan sempurna.

Lihat saja judul post ini. Saya tidak bisa menemukan kata yang bisa mewakili tulisan ini selain kata itu. terlihat bukan? *betapa lemahnya saya dalam bagian ini*

Hampir semua tulisan saya berjudul seadanya. Bahkan banyak yang mau tak mau harus puas dengan judul 'document 1' atau 2 atau 3 dst dsb dkk. [Tapi tidak dengan proyek terakhir saya. Saya cukup puas dengan judul yang saya temukan. Sudah sempurna bagi saya. :)]

contoh judul yang saya berikan pada tulisan saya dekat-dekat ini adalah 'Si Pelacur'

Padahal di dalam cerita itu, pembaca (harusnya) akan mengetahui bahwa sang tokoh adalah seorang pelacur ketika berada di ujung cerita.

Tentu saja semua itu akan sia-sia ketika saya memberikan judul 'Si Pelacur'. -sama saja memberi ringkasan cerita kalau begitu*doh!-

lalu bagaimana?

berjam-jam saya mencari inspirasi, tetap saja tidak ketemu. lebih baik saya mengerjakan hal lain yang bisa lebih berguna daripada sekedar berpikir keras yang hanya akan berujung pada judul yang tidak jauh dengan kasus 'Si Pelacur'.

haha!

ada masukan? :)

2 komentar:

up_to_me mengatakan...

judul itu tetep penting,because it will be 1st impression for people who want to be reader yours.
and the solution for choosing the title are..
pertama apa yang lo pikirin waktu mo bikin tulisan, misal..pelacur...nah untuk menarik perhatian orang bikin sesuatu yang hear catching...misal Pelacur makan cucur...nah kan jadi seru tuh tulisan lo dibacanya...hehe..
( sebenernya gw mo ngasih saran yang bagus pi, tapi maap gw lagi butek..kapan2 dah ya gw kasih saran yang solutif..)

faela shafa mengatakan...

raniheee, makasih ya ide lo yang gada juntrungannya itu, hehe.
mungkin pelacur makan kue cucur bisa jadi inspirasi gw buat bikin biografi lo?
how's that?:P